Majalengka Kembali Raih Penghargaan Opini WTP

Sebuah prestasi membanggakan diraih Kabupaten Majalengka pada bulan Juni 2015. Pada bulan yang merupakan bulan kelahiran Kabupaten Majalengka, Pemerintah Kabupaten Majalengka kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014. Pencapaian opini WTP ini merupakan yang kedua kalinya bagi Pemkab Majalengka. Pencapaian predikat opini WTP ini diraih secara beruntun. Artinya Pemkab Majalengka berhasil mempertahankan prestasi sebelumnya yang mampu meraih capaian yang sama atas LHP LKPD tahun anggaran 2013. Mempertahankan sebuah capaian tentu jauh lebih sulit dari mencapai pertama kali.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun Anggaran 2014 dilakukan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Ir. Cornell S. Prawiradiningrat, M.M. kepada Bupati Majalengka, H. Sutrisno, S.E., M.Si., Senin tanggal 1 Juni 2015.
Bupati Majalengka H Sutrisno SE MSi mengatakan, predikat opini WTP merupakan sejarah bagi Pemkab Majalengka. Yang paling membanggakan, penghargaan tersebut menjelang peringatan Hari Jadi ke-525 Majalengka. Sehingga menjadi kado ulang tahun yang jatuh setiap 7 Juni.
Bupati menyatakan, “Kebanggaan dan rasa syukur ini tidak hanya milik Pemerintah Kabupaten Majalengka saja, akan tetapi menjadi semangat baru dan kebanggaan bagi seluruh rakyat Kabupaten Majalengka. Diharapkan kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Majalengka, mampu mendorong proses percepatan pembangunan dan terus mensejajarkan diri dengan daerah-daerah yang telah maju.
WTP juga harus mampu menyadarkan seluruh rakyat Kabupaten Majalengka, bahwa dengan kebersamaan dalam perjuangan akan menghasilkan prestasi yang membanggakan semua pihak. Sekaligus memberikan sinyal tanggung jawab untuk selalu mempertahankan kebersamaan dalam setiap perjuangan.”
Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Majalengka Drs. Edy Noor Sudjatmiko, M.Si., menyatakan bangga atas prestasi yang diraih Pemkab Majalengka ini. Hal itu merupakan bentuk komitmen pimpinan daerah dalam menerapkan kehati-hatian dan kepatutan kepada jajarannya, atas pengelolaan dan pelaporan keuangan yang bersumber dari anggaran negara.
Kepala DPKAD berharap prestasi ini bisa menjadi sebuah motivasi untuk bisa kembali dipertahankan di tahun-tahun berikutnya, sehingga opini WTP ini bisa diraih Pemkab Majalengka setiap tahunnya atas hasil LHP LKPD dari BPK RI.
Dalam sambutannya Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, menyatakan bahwa opini WTP yang diraih Kabupaten/Kota ini merupakan sebuah bentuk prestasi yang dicapai dari hasil kerja keras seluruh jajaran birokrasi, sehingga Kabupaten/Kota patut untuk mempertahankan prestasi tersebut, karena untuk meraih opini WTP itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi ke depan tantangan akan lebih berat lagi, karena setiap Kabupaten/Kota sudah wajib menggunakan sistem pelaporan berbasis akrual.

IMG_20150623_124418 IMG_20150623_124431 IMG_20150623_124504

Updated: June 25, 2015 — 3:54 pm
DPKAD Kabupaten Majalengka © 2015 Frontier Theme